Friday, October 4, 2019

HADIAH TERINDAH DARI TUHAN



Sahabat BA'ATO-Namanya Felin M. Kuka, biasa di panggil Okhiie. saat itu ia Sebagai mahasiswi jurusan bahasa dan sastra Indonesia di Universitas Negeri Gorontalo, saat ini, Ia berstatus sebagai Guru Bahasa Indonesia di salah satu SMP di Gorontalo Utara. Lahir tanggal 27 mei tahun 1993 di sebuah desa kecil di ujung kabupaten gorontalo utara, agama Islam. Hobinya membaca dan dengerin musik.

HADIAH TERINDAH DARI TUHAN
(drama 1 babak karya: Felin M. Kuka)

Adegan 1
Malam itu udara begitu dingin, hujan mengguyur dengan derasnya. Nampak sisil duduk termangu sambil meratapi nasibnya.

Sisil     :(sambil memandang ke langit) oh tuhan mengapa engkau berikan cobaan
              Seberat ini padaku, sungguh aku tak sanggup menghadapi ini semua.
Winka  :(mengejutkan sisil) Haii lagi ngapain neng, kerjaanya melamun terus nih?
Sisil     : apaan sih, ganggu saja …..
  win ada sesuatu yang ingin aku tanyakan padamu.
Winka  : Ya sudah ngomong saja. Nggak usah serius gitu kalii …….
Sisil     : (dengan wajah serius) Win selama ini hanya kamu teman yang selalu ngertiin
Aku, yang nerima aku apa adanya  dan selalu memberikan solusi di setiap
Permasalahanku.
Winka  : Ya iyalahh, itu kan gunanya teman, selalu ada dalam suka maupun duka
              (sambil tersenyum)
Sisil     : tapi kamu tau kan kondisi keluargaku yang seperti ini, ibuku yang sakit-
Sakitan dan bapakku yang Gila. Entah mengapa win hatiku terasa sakit menyadari semua kenyataan Ini, belum lagi ejekan teman-teman padaku yang selalu merendahkan keluargaku.
              Apa mungkin tuhan benci padaku ??
Winka  : Huusss …….
             Kamu ini ngomong apa siih ? nggak boleh ngomong gitu ahh. Tuhan tidak akan
             Memberikan cobaan melampaui batas kemampuan hambanya sil. Mungkin saja
             Tuhan hanya sedang menguji seberapa besar kesabaranmu.
Sisil     : tapi Winn ……….
Winka  : udah nggak usah tapi-tapian.!! Mending ngomong yang lainnya saja.
 Sebenarnya aku ke sini mau minjam buku buat ngerjain tugas dari Pak Arman
 Kemarin, abisnya aku nggak ngerti gimana cara kerjanya. Mauu yaaa bantuin
 Aku ??
Sisil     : winka..winka … bilang saja kamu mau ikut tugasku, gitu saja kok repot.!!
Winka  :(sambil tersenyum dan menepuk pundak sisil) boleh yaa sill soalnya aku maless ngerjainnya, kamu tau kan aku paling nggak mood belajar Matematika, apalagi gurunya pak Arman, bikin tambah steresss saja…..
Sisil     : Hahaaaaa …….
             Awas looh kamu, ntar ku laporin sama pak Arman baru tauu rasa.
Winka  :(tertawa)

Adegan 2
Keesokan harinya sisil dan winka berangkat ke sekolah bersama-sama, di jemput winka dengan mobil pribadi lengkap dengan mang Udin sebagai supirnya. Setelah 20 menit perjalanan sampailah mereka di sekolah, dan langsung menuju kelas.
Stela    : teman-teman kalian tau nggak, di kelas kita ada yang bapaknya gila loch.!!
Idiichhh, ogah dechh temenan sama dia, ntar ikut-ikutan gila lagi.
(kata stela dengan nada menyindir)
Adit,rio,alex: (berteriak) Wuuuhhhh ……
Adit     : emangnya kamu tau dari mana stell ? jangan ngomong sembarangan aah ntar 
              Malah jadi fitnah lagi..!!
Stela    : heh.. sejak kapan aku bohongin kalian, kalau nggak percaya tanyain ajah
              sama orangnya langsung. Tuuhh si anak emasnya Pak Arman..
Adit     : maksud kamu si sisil ?? (dengan nada keheranan)
Stella   : yaach iyalah siapa lagi,, aku sih kasihan aja udah ibunya sakit-sakitan,
             Bapakknya malah stress kaya gitu, Hahahahh . . .
(Sambil memandang ke arah sisil)
Winka  :(dengan muka marah) Heh nenek sihir, jadi orang jangan suka ngurusin orang
              Lain yaa,urus saja urusanmu sendiri. Kenapa syirik yaa sama sisil, hah ??
              Kamu pikir kamu udah perfeck gitu., ngaca tuch di sendok….!!!
Stella   : apa kamu bilang, awas ajah aku laporin ke kepala sekolah kamu baru tau
              Rasaa..!!
Winka  :(semakin marah) yaa udah sana, pergi saja, kamu pikir aku takut apa..
             Yang ada kamu tuhh yang kena hukuman..!!
Sisil     :(menarik tangan winka) udah..udah . . .
Nggak usah brantem win, biarkan saja dia. Aku nggak apa-apa kok. Kamu   tenang saja Aku sudah biasa kok di giniin.
Winka  : nggak bisa gitu Sil, itu anak harus di kasih pelajaran, biar kapok skalian.
Sisil     : udalah Winn, biarkan saja. yang ada masalahnya tambah runyam lagi..
Stella   :(menatap sinis) awaasss kamuu ………..

Adegan 3
Bel berbunyi pertanda semua siswa SMA N 1 ANGGREK masuk ke dalam kelas. Seperti biasanya Pak arman masuk dan memulai pelajaran hari itu.
Pak arman       : selamat pagi anak-anak ..!!
Semua siswa    :(menjawab serentak) Pagi juga pakk …….
Pak arman       : sampai di mana pembahasan kita kemarin ??
Semua siswa    : sampai di bab IV Pak ….
Pak arman       : Ohh.. iyaa saya lupa. Kemarin saya sempat memberikan tugas bukan ?
                          Tugasnya di kumpul yaa anak-anak …..
Semua siswa    : iya pak.. .
Pak arman memulai pelajaran hari itu, setelah jam pelajaran hampir selesai tiba-tiba kepala sekolah datang menyampaikan sesuatu.
Pak kepsek      :(menuju pak arman)  permisi pak boleh saya minta waktu sedikit,
Berhubung ada beberapa hal yang ingin saya sampaikan kepada            anak-anak.
Pak arman       : ohh iya silahkan pak.!!
Pak kepsek      :(dengan wajah tersenyum) anak-anak ada kabar gembira yang ingin
Bapak sampaikan kepada kalian, kebetulan sekolah kita mendapatkan beasiswa   dari PTN sehingga bapak akan menyeleksi beberapa siswa yang berhak menerima beasiswa tersebut. Untuk lebih jelasnya kalian dapat melihat informasinya di papan pengumuman.
Stella   : (dengan penuh percaya diri) asiiekk, berita bagus nihh. Aku yakin, aku
               Pasti bakalan lulus di beasiswa itu, Stella gitu loohh..!!
Adit     : widiichh, jangan senang dulu kamu stell, saingannya itu pasti banyak.
              Belum lagi melawan sisil, pasti kamu ka’o.. Hahaaa (tertawa)
Stela    :(cuek saja)
Sementara itu winka menyemangati sisil.
Winka  : (sambil memegang tangan sisil) sil ini kesempatan bagus buat kamu,kalo
Saja kamu bisa mendapatkan beasiswa ini kita bisa kuliah bareng, dan juga  kamu bisa meringankan beban Orang tuamu.
Sisil     : tapi win, itu nggak mungkin..!! kalo aku kuliah, siapa yang nantinya merawat 
Ibuku dan menjaga bapaku, mereka sangat membutuhkan aku win. Lagian untuk apa aku Kuliah, kalo ujung-ujungnya aku nggak bisa membahagiakan orang tuaku.
Winka  : kuliah itu perlu tauu. Yang penting kamu ada kemauan dulu, aku janji aku pasti
              Bantuin kamu sil. (dengan penuh semangat)
Sisil     : kamu itu yach win, terlalu baik sama aku, aku nggak tau harus membalasnya
              Dengan apa.
Winka  : balasnya nanti aja kalo kamu udah sukses neng. Ckckckck…
              Jadi ingat perkatan guru agamaku dulu di madrasah, dia mengatakan sebuah
              Pepatah arab yang begitu menginspirasi bagiku, “MAN JADDA WAJADAH”
              Siapa bersungguh-sungguh pasti akan berhasil.
Sisil     :(tersenyum) bisa saja kamu ini. Bener juga siih win..!!
Winka  : makanya mulai sekarang kamu harus berusaha, jangan mudah putus asa gitu
              Dong..??
Sisil     : iyaa bu guru (keduanya tertawa).

Adegan 4
Jam pelajaranpun usai,sisil langsung pulang ke rumah.
Sisil     : Haaahhh capeknya. (sambil merebahkan tubuh di kursi)
Ibu       : Uhuukk-uhukk … sudah pulang nak ?? (ke luar dari balik pintu)
Sisil     : (Kaget) eehh ibu, ibu kok nggak istirahat siih ?
Ibu       : ibu malas tidur-tiduran terus di kamar. Mending nyiapin makan siang untuk
              Kamu.
Sisil     : harusnya ibu tuh istirahat saja, biar sisil yang masak dan beresin rumah,
              Ibu kan masih sakit (dengan nada cemas)
Ibu       : ibu nggak apa-apa kok..!!
Sisil     : buu,di sekolahan sisil ada beasiswa kuliah ke PTN, sisil boleh ikut nggak buu ?
Ibu       : nak, maafkan ibu yaa kalo selama ini ibu nggak bisa membahagiakan kamu,
              Bahkan untuk sekolahpun kamu harus berusaha sendiri. Bapakmu yang sampai
             Sekarang belum juga sembuh,dan ibumu yang tak berdaya ini. Sungguh kau
             Adalah harapan kami nak. Ibu terserah kamu saja nak, asalkan semua itu demi
             Kebaikan kamu (meneteskan air mata).
Sisil     : (terharu) Buu, sisil janji tak akan membuat ibu dan bapak kecewa. Meskipun
             Kehidupan kita yang serba pas-pasan, sisil bersyukur masih bisa di berikan
             Tuhan kesempatan untuk berkumpul dengan ibu dan bapak.
Ibu       : ( memeluk sisil)

Beberapa bulan kemudian tibalah pada pelaksanaan UAN yang di ikuti oleh seluruh siswa SMA/sederajat termasuk di sekolahan sisil. Sisil lulus dengan nilai terbaik dan termasuk ke daftar siswa yang mendapatkan beasiswa untuk melanjutkan kuliah ke perguruan tinggi negeri, sisil sangat terharu sekaligus bahagia karena berkat kesungguhan dan ketabahannya menjalani pasang surut kehidupan,dia mendapatkan hadiah terindah dari tuhan.

SELESAI

2 comments: