Wednesday, September 11, 2019

LEMBAR PENILAIAN KOGNITIF PESERTA DIDIK


ft by: Ronal Badu

Sahabat Ba'ato Bastrasia Smanduwon-Tugas-tugas yang diberikan kepada peserta didik (baik dari buku teks siswa maupun hasil inovasi guru) digunakan sebagai salah satu instrument penilaian hasil belajar pengetahuan peserta didik. Pembobtan nilai ditentukan berdasarkan tingkat kesulitan dan lamanya waktu pengerjaan tugas. Semakin sulit dan lama waktu mengerjakannya, semakin besar pula bobotnya. Tugas yang diberikan sebaiknya mencakup tugas individu dan kelompok.

Hasil penilaian kognitif dengan tugas dapat dicatat dan diolah dengan menggunakan lembar penilaian seperti ini.

Lember penilaian kognitif peserta didik.

No
Penilaian tugas pembelajaran A
Nilai
Pembelajaran A

1
Kegiatan 1


Kegiatan 2


Kegiatan 3

Pembelajaran C
2
Kegiatan 1


Kegiatan 2


Kegiatan 3


Nilai akhir/NA (Total skor : Jumlah tugas


Selanjutnya untuk mendapatkan nilai kognitif hasil penilaian proses dan ulangan harian pada akhir pembelajaran setiap bab, guru dapat menentukan pembobotan berdasarkan tingkat kesulitan, lama waktu pengerjaan, dan sebagainya.

Berikut contoh rumus yang dapat digunakan.


NA: ( 2 x NA Tugas ) + (Total Reward + NUH)
                                                               3
                                   
Catatan :

1. Reward diperoleh dari total Reward selama pembelajaran satu bab.
2. NUH adalah Nilai Ulangan harian yang dilakukan pada akhir pembelajaran satu bab
3. Nilai akhir tugas diberi bobot lebih besar karena tugas lebih menyita konsentrasi dan waktu pengerjaan relative lama. Nilai tugas diambil dari pembelajaran A dan C

Terima Kasih, Semoga Bermanfaat, #salamBastrasia
Sumber : Suherli, DKK. 2017. Buku Guru Bahasa Indonesia. Jakarta : PT Gramedia

No comments:

Post a Comment