Tuesday, September 10, 2019

Maafkan Aku




Sahabat Ba’ato Bastrasia Smanduwon-Hai teman-teman namanya Andini Mamonto biasa di sapa Dini, Ia lahir di Kotamobagu tanggal 07 mei 1993. Saat itu ia berstatus Mahasiswa di Universitas Negeri Gorontalo Fakultas Sastra dan Budaya jurusan pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Agama Islam, hoby menulis, dan jalan-jalan sama teman-teman. Ia berasal dari desa Langagon kecamatan Bolaang kabupaten Bolaang Mongondow Induk provinsi Sulawesi Utara. Kalau mau kenal lebih dekat dengannya boleh berteman di facebook (andhini mamonto). Sebelumnya terima kasih dan salam kenal.

“ Maafkan Aku,,,!”
(Andini Mamonto)

            Pagi ini seperti biasanya Ocha menepakkan kakinya menyusuri trotoar kampus menuju fakultas. Langkahnya begitu tak bersemangat ketika mengingat kejadian kemarin, pas ia keluar dari bank, ia bertemu dengan sosok yang tak asing baginya. Sosok itu membuat dadanya bergetar tak beraturan. Pengen menghindar tapi hati tak rela. Karena dengan sudah sekian lama tak berjumpa dengan sosok itu.
Lisa     :kamu kenapa Cha? Kok bengong sich? (sambil menepuk pundak Ocha)                
Ocha    : entahlah ( sambil mengangkat bahu) kemarin pas keluar dari bank aku ketemu                  Evin,,! Entah kenapa sekarang itu aku butuh banget ama dia,, ( dengan wajah                               sedih)
Lisa     : kenapa waktu itu di tolak Cha? Padahal kalau aku liat nich, hati Evin itu udah                              mantap banget milih kamu jadi kekasihnya ( sambil mengeluarkan notebook dari                             dalam tas)
Ocha    : aku tuch nggak ngerti dengan perasaanku Lis, terkadang hati ini suka ama Evin                tapi tiba-tiba aja bisa jadi basi perasaanku ke dia. Aku bingung! (dengan wajah                     sedih) 
Lisa     : udahlah,,, sabar yach,,! Jodoh nggak bakalan lari kemana-mana!!! (sambil                                     tersenyum)
Ocha    :  Akh,,, sakit hati ternyata nggak asyik
Lisa     :  Dari pada kamu sakit hati nggak menentu kita pergi ke perpus yuk,,,!
            Mereka pun pergi ke perpus yang tak jauh dari fakultas.
Di dalam perpus,,,
Lisa     :  udah donk mikirin si dia,,? Nggak ganteng-gantengan amat tu anak,,!
Ocha    : kamu nich,,,? (sebel)
Lisa     :  percuma cha? Emang di saat sedih begini ,, dia lagi apa? Apa dia peduli dengan hati                               kamu? Nggak kan? Coba kamu berfikir
Ocha    :  sakit hati donk akunya,,,!
Lisa     :  makanya berfikir dulu sebelum bertindak,,,!!
Ocha    : Yukk duduk,,,,!

            Mereka berdua pun duduk di salah satu tempat yang kosong
Lisa     :  kamu itu cantik cha,, jadi ngapain juga ngarapin dia?
Ocha    :  aku,,,,? (cemberut)

            Tiba-tiba Evin datang menghampiri Ocha dal Lisa
Evin     :  Hey,,,
Ocha    : (kaget) Evin?
Evin     : Hey Lis,,,
Lisa     : Hey
Ocha    :  Kamu?
Evin     : Gimana kabar Cha?
Ocha    :  Yach baik,,,, kamu?
Evin     : Sama,,! Ought iya, aku ke atas dulu yach?
Ocha    : yuppzz,,,!
Evin     : daahh Lisa,, (pergi)
           
            Selepas kepergian Evin hati Ocha mendadak gembira,, sampai-sampai ia tersenyum sendiri. Sementara lisa kaget melihat perubahan yang terjadi sama temannya ini.
Lisa     : ada yang lagi kasmaran nich,,
Ocha    : hahahah,,, biasa aja
Lisa     : kenapa senyum-senyum sendiri neng?
Ocha    : suka aja
Lisa     : dasar orang gila,,,
Ocha    : yeeee enak aja,,,,!
           
            Keesokan harinya di gajebo fakultas. Terlihat dari arah dekat Clara dan Lady sedang asyik bercakap riang. Mereka berdua adalah temannya Ocha dan lisa juga.
Clara    : sumpah dech,,,,! Aku tuch suka bangat ama tu cowok,,,! (girang)
Lady    :  emang orangnya gimana sich?
Clara    : orangnya itu nggak ganteng-gantengan amat,,! Cuma aku tertarik sama tatapannya,,
Lady    : namanya siapa?
Clara    : nanti kalau udah jadian aku kasih tau
Lady    : akh,, kelamaan
Clara    : (tertawa)
Lady    : ayo donk,,, kasih tau
Clara    : nggak akh,, esok-esok aja yach?
Lady    : nggak mau,,, maunya sekarang (cengeng)
Clara    : nggak mau,,
Lady    : (cemberut) pokoknya harus mau.
Clara    : ikh maksa mulu,, kenapa?
Lady    : kamu sendiri buat aku begini,,
Clara    : ekh anak belimbing,,, entar aku bakal kasih tau,,,!
Lady    : bikin penasaran aja sich,,,
Clara    : hahahahhaha

            Datang Lisa dan Ocha
Lisa     : kurcaci-kurcaci ni lagi diskusi apaan sich?
Clara    : kok kita berdua jadi kurcaci sich? Ikh,,,
Ocha    : (tertawa) lagi ngomongin apaan sich?
Lady    : si Clara naksir cowok,,,,
Lisa     : (senang) asyik tuch
Ocha    : siapa?
Clara    : (tersipu malu) ada dech,,,, rahasia
Lisa     : (sambil menelan luda) wkwkwkwk,,,, udah jadi kebiasaan nich,,,!
Ocha    : iya,,,,
Lady    : yukk masuk kelas,,! Entar lagi bapak mau masuk

            Siang hari di bawah teriknya matahari Tifa dan Lisa berjalan mengintari trotowar kampus dan tidak sengaja mereka berdua bertemu Evin kembali. Ocha memberikan senyuman yang khas kepada Evin dan Evin pun membalas senyuman tersebut. Dag,,dig,,dug,, itulah detak jantung Ocha. Ocha dan Lisa melanjutkan perjalanan mereka untuk pulang ke rumah.
            Hari-hari Ocha penuh dengan warna-warni ketika sering bertemu dengan Evin, si pujaan hatinya dulu.
            Di dalam kelas
Lisa     : Mulai lagi dech senyum-senyum sendiri
Ocha    : (tersenyum) nggak,,,!
Lisa     : ekh ada kabar baik nich,, katanya sich Clara jadian sama cowok,,,
Ocha    : siapa tu cowok?
Lisa     : nggak tau juga,,, kita tanya yuk,,!
            Clara dan Lady pun datang menghampiri mereka berdua.
Ocha    : ada yang baru jadian nich?
Lady    : siapa namanya Ra?
Clara    : Evin,,,,
Ocha    :(kaget dengan wajah merah) apa? Anak ekonomi?
Clara    : (tersenyum) kok tau,,,,,??
Ocha    : (menangis) dia pangeranku Ra?
Lisa     : (panic) kok jadi kayak gini sich?
Clara    : Maksud kamu?
Lisa       : gini,,! Evin itu cowok yang di taksir Ocha dari dulu, ,!
Ocha     : aku,,, (menangis)
Clara     : kok jadi kayak gini sich? Kenapa ini harus terjadi ama aku (marah)
Ocha     : Ra,,, maafin aku,,! Tapi aku ikhlas kok kamu jadian sama dia,,!! (menangis)
Clara     : kenapa ?? kenapa kamu tidak memberi tahuku????
Ocha     : aku nggak tau,,, tapi tenang aja,,! Aku nggak masalah kok,,,!!
Lady     : sudah,, jangan berantem,,! Masalah cowok juga,,,!!
Lisa       : yuk,,,, damai

              Malam hari di taman kota
Clara     : kamu kenal ama Ocha se fakultas denganku?
Evin      : iya,, kenapa?
Clara     : kenapa kamu nggak kasih tau aku,,,?
Evin      : emang penting ??
Clara     : penting ,,, dia sahabat aku dan dia naksir kamu sejak dulu,,
Evin      : (kaget) apa? Tapi aku hanya sukanya sama kamu Ra?
Clara     :  tapi setidaknya kamu tengok hatinya,,, (sedih)
Evin      : kamu kenapa sich? Pokoknya aku hanya mau dengan kamu Ra?
Clara     : tapi sahabatku menderita Vin (menangis)
              Tiba-tiba Ocha muncul dari belakang,,,
Ocha     : aku nggak apa-apa Ra,,! Cinta itu sudah semestinya begitu,,,! Aku udah ikhlas                            kamu jangan mikirin aku,,,!! (tersenyum)
Evin      : iya,,, tapi mohon maaf Cha,, selama ini aku tidak melihat perasaanmu,,!!
Ocha     : iya nggak apa-apa
              Mereka pun saling memohon maaf di sela-sela kesedihan yang menyelinap. Emang cinta itu terkadang buat kita lupa akan kita segalanya. Makan nggak teratur bahkan duduk diam sendiri bisa tersenyum tampa menggoda. Tapi percayala kesucian cinta selalu datang pada saat kita bermunjat.

SELESAI

“Cinta adalah memaafkan, menerima, berjalan terus, merangkul, dan meliputi segalanya. Dan jika Anda tidak dapat melakukan itu untuk diri sendiri, Anda tidak dapat melakukannya dengan orang lain.” – Steve Maraboli
#marimembaca #marimenulis 

No comments:

Post a Comment